Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Manfaat Pentingnya Melakukan Digital Detox

Manfaat Pentingnya Melakukan Digital Detox


Siapa yang setiap hari nggak bisa lepas dari gadget atau biasa disebut dengan nomophobia. Biasanya orang yang mengidap nomophobia ini akan merasa gelisah ketika jauh dari ponselnya. Atau ada yang pernah mengalami:

- LBA (Low Bat Anxiety)

Suka gelisah dan mulai panik ketika baterai ponselnya sudah menunjukkan angka yang kritis.

- Phantom Vibration Syndrome

Ketika merasa tubuh kamu gatal dan butuh untuk di garuk tapi kamu malah mengira ponselmu yang sedang bergetar. Ketika kamu sadari, hal yang sedang kamu pikirkan adalah getaran dari notifikasi tapi ternyata semua itu hanyalah perasaanmu sendiri. Gangguan seperti ini dinamakan ringxeity.

 

Maka digital detox ini sangat kamu butuhkan. Detox sendiri memiliki arti suatu proses mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh. Kalau digital detox adalah kegiatan menghindari, menjauhi dan, dan menonaktifkan sementara waktu dari hal-hal atau kegiatan yang yang berhubungan dengan gadget atau barang elektronik lainnya. Manfaat apa yang akan kamu dapat setelah melakukan digital detox?

 

1. Terhindar dari adiksi

Adiksi memiliki arti kecanduan. Jadi kamu nggak merasa gelisah lagi meski nggak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan gadget atau barang elektronik. Cobalah untuk menjadwalkan jam dimana kamu terbebas dari perangkat digital setiap harinya, minimal 1 - 3 jam.

 

2. Terhindar dari iritasi mata

Terlalu lama melihat layar digital, pastinya akan membuat mata kamu menjadi lebih cepat lelah dan mudah iritasi. Apalagi menggunakan gadget untuk menonton dalam jangka waktu yang lama. Cobalah untuk melakukan digital-less, yaitu menghapus aplikasi-aplikasi yang nggak pernah kamu gunakan dalam ponsel.

 

3. Tubuh lebih mudah beraktifitas

Saat kamu terlalu fokus dengan gadget kamu, maka akan membuat badan kamu menjadi malas bergerak. Cobalah untuk melakukan aktifitas dengan beres-beres rumah atau dengan berolah raga yang akan membuat tubuh kamu jauh lebih bugar.

 

4. Postur tubuh yang lebih baik

Serignnya menggunakan gadget dapat menjadi pemicu timbulnya gangguan pada postur tubuh. Karena ketika menggunakan gadget kamu secara nggak sadar sering membungkuk dan tidak memperhatikan cara kamu duduk maupun berdiri ketika sedang asik dengan gadget.

Nah mulai sekarang batasi penggunaaan gadget dan mengkonsumsi dunia digital. Bersosialisasi dengan cara sehat juga lebih menyenangkan :)

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Manfaat Pentingnya Melakukan Digital Detox
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.