Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Gaji Terbaru PNS 2018

Gaji Terbaru PNS 2018


Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pada tahun 2014 lalu sebelum masa kepemimpinan Presiden Jokowi, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri dari tiga komponen, yaitu gaji pokok, tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Untuk gaji pokoknya sendiri, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran gaji terendah PNS dan gaji tertinggi PNS. Gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, namun berdasar pada beban kerja, tanggung jawab dan resiko pekerjaan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

Tunjangan kinerja dibayarkan sesuai pencapaian kinerja. Sedangkan tunjangan kemahalan dibayarkan sesuai dengan tingkat kemahalan berdasarkan indeks harga yang berlaku di daerah masing-masing. Penetapan gaji pokok dalam UU ASN tersebut berbeda dengan gaji pokok PNS yang dibayarkan selama ini, yakni dengan mengacu pada masa kerja dan golongan dari masing-masing PNS itu sendiri.

Yang artinya ada perubahan gaji yang diberikan nantinya, sesuai dengan beban kerja yang didapat dan bisa lebih besar nilainya dibanding tunjangan. Selama ini diketahui tunjangan para ASN lebih tinggi dibanding gaji pokok. Namun dalam UU ASN tersebut juga menyebutkan nantinya struktur gaji juga harus disesuikan dengan sistem Merit, yakni berdasarkan pada kualifkasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Gaji Terbaru PNS 2018
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.