Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Tingkatan Programmer Menurut Skill Level

Tingkatan Programmer Menurut Skill Level


Tahukah kamu tentang Model Dreyfus? Model Dreyfus merupakan model yang digunakan unutk mengelompokkan level seseorang berdasarkan bagaimana orang tersebut menemukan skill nya melalui instruksi formal dan praktis. Model ini digunakan untuk mengetahui tingkatan programmer berdasarkan skill levelnya yang dikelompokkan menjadi lima yaitu Novice, Advance Beginner, Competent, Proficient dan Expert. Berikut ini adalah penjelasannya:

 

1. Novice Programmer

Tingkatan programmer ini merupakan tipe programmer yang sangat pemula atau paling rendah skill nya. Salah satu ciri dari programmer ini biasanya dia masih membutuhkan penjelasan yang detail atau mengikuti tutorial, seperti menginstal web server hingga code editor apa yang harus digunakan tapi akan kesulitan ketika harus memodifikasi program tersebut. Dan biasanya Novice programmer ini tidak tertarik untuk mempelajari lebih dalam karena hanya ingin menyelesaikan masalah secara instan tanpa mendalami lebih lagi untuk solusi masalah tersebut.

 

2. Advanced Beginner Programmer

Programmer ini satu tingkat diatas Novice Programmer, karena mereka juga memahami bagaimana sebuah tools (bahasa pemrograman, framework dan API) berjalan. Tapi mereka tidak berminat memahami big picture bagaimana tools itu bekerja. Nah kelemahannya, mereka hanya mempelajari apa yang mereka butuhkan saja untuk menyelasaikan masalah.

 

3. Competent Programmer

Pada tingkatan ini seorang Programmer sudah bisa melakukan troubleshooting, yang artinya mereka bisa menyelesaikan masalah yang belum pernah ditangani sebelumnya menggunakan pengalaman yang mereka miliki dan mengeksplorasi sendiri.

 

4. Proficient Programmer

Pada tingkatan ini merupakan level master dan mereka tidak suka dengan penjelasan tutorial yang bertele-tele karena mereka memerlukan Big Picture (inti) dari sebuah tutorial tersebut. Jadi mereka mampu belajar tanpa mempraktekkan secara langsung, karena pengetahuannya yang menyeluruh terhadap sesuatu terkadang mereka mampu mengetahui dengan tepat bagian mana saja yang mungkin akan break jika di tes dan melakuan tes pada bagian tersebut.

 

5. Expert Programmer

Inilah tingkatan paling tinggi seorang programmer. Mereka sangat di bidang pemrograman hingga mampu menciptakan bahasa pemrograman, framework, membuat ide hingga mengajarkan kita tentang konsep-konsep baru. Yang menarik dari seorang expert adalah mereka mampu memberkan solusi dari suatu masalah hanya berdasarkan intuisi.

Untuk menjadi seorang expert pasti harus mengalami menjadi proficient, dan sebelum sampai disistu kita juga pasti pernah mengalami menjadi novice (pemula). Tidak ada proses yang instan yah :)

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Tingkatan Programmer Menurut Skill Level
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.