Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Tujuh Rahasia Menjadi Freelance Sukses

Tujuh Rahasia Menjadi Freelance Sukses


Mungkin sebagian dari kalian yang membaca artikel ini ada yang mendambakan pekerjaan menjadi freelance. Hal yang dipikirkan pertama kali untuk menjadi seorang freelance pastinya waktu yang fleksibel dan ingin penghasilan yang berlimpah tentunya harus disertai dengan ketekunan dan harus rajin ya.

Untuk menjadi seorang freelance yang profesional tidaklah mudah, karena kamu harus benar-benar mengerti apa yang diinginkan oleh klien kamu, berikut ini rahasia jitu supaya kamu bisa menjadi freelance yang sukses.

 

1. Logo yang menarik

Ketika kamu akan mempresentasikan perusahaan kamu, maka logo kamu sangatlah berperan penting dalam memperkenalkan perusahaan pada klienmu. Memiliki logo yang menarik dapat memebuat orang tertarik dan menunjukkan ke profesionalisan kamu dlaam bekerja sebagai freelancer.

 

2. Kerja tepat waktu

Nggak hanya pekerja kantoran aja loh yang harus kerja tepat waktu. Seorang freelancer juga harus bisa menyelesaikan deadline nya tepat waktu, lebih bagus lagi kalau sebelum deadline. Jangan beranggapan bahwa pekerjaan freelance merupakan pekerjaan yang sepele dan bisa ditunda, hal tersebut akan memperburuk reputasi kamu di mata klien maupun calon klien.

 

3. Bersikaplah ramah

Sikap ramah harus ditanamkan dalam diri kamu. Kenapa begitu? karena setiap orang terutama klien kamu pastinya ingin dilayani dengan ramah, sikap ramah inilah yang memebuat mereka nyaman dan membuat klienmu akan loyal. So, bersikaplah ramah dan santun dengan memberikan pelayanan yang terbaik pada klien kamu.

 

4. Jangan sungkan minta tanggapan

Kalau kamu benar-benar ingin menjadi seorang freelancer yang sukses jangan sungkan untuk meminta tanggapan atau feedback terhadap pekerjaan yang sudah kamu selesaikan selain bisa dijadikan sebagai masukan, hal ini bisa meningkatkan kualitas pekerjaan kamu kedepannya. Sehingga klien kamu juga merasa puas dan dihargai.

 

5. Buat sarana media sosial

Yap, media sosial juga sangat dibuthkan untuk memasarkan produk yang kamu miliki. Dengan memiliki website atau blog yang menarik hal ini berpeluang besar untuk menggaet klien-klien yang berpotensial. Kalau kamu belum memiliki blog atau wesbite sendiri kamu bisa menggunakan sarana media yang lain seperti membuat portofolio dan mengunggahnya di beberapa situs online seperti shutterstok atau freepik.

 

6.  Jangan paksa diri

Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang sudah disepakati merupakan hal penentu seberapa profesional kamu sebagai seorang freelancer. Nah, maka dari itu dianjurkan untuk tidak memaksakan diri untuk mengambil semua pekerjaana atau proyek yang ditawarkan. Nggak ada salahnya sesekali mengatakan 'tidak' pada klien daripada hasil yang kamu berikan tidak akan maksimal.

 

7. Senangi pekerjaan

Lakukan semua pekerjaan kamu dengan senang hati karena suatu hal yang dilakukan dengan senang hati maka hasilnya akan lebih maksimal. Selain itu kamu juga memberikan ide-ide kreatif terhadap pekerjaan yang kamu lakukan dan klien pun merasa bahwa mereka telah memilih orang yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan atau proyek tersebut. Sebagai seorang freelance pasti kamu akan menjalin kerja sama dengan banyak orang yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu juga bisa memperluas jaringanmu untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki step by step.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Tujuh Rahasia Menjadi Freelance Sukses
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.