Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Inilah Rangkaian Seleksi Di BUMN

Inilah Rangkaian Seleksi Di BUMN


Punya financial dan jenjang karir yang menjanjikan adalah salah satu keuntungan bekerja di BUMN, pastinya perusahaan juga memberikan standar kualifikasi yang tinggi kepada calon karyawan. Proses seleksi yang tidak mudah kerap membuat galau sang pelamar, kenapa? karena untuk lolos sebagai kandidat yang masuk kualifikasi tidaklah mudah ada beberapa tahapan seleksi yang harus kamu lalui. Ini dia tahapannya:

 

1. Adminisitrasi

Ya... kalau mau melamar pekerjaan pastinya kamu harus bawa CV bukan. Nah, di tahap ini selain membawa CV kamu juga diwajibkan untuk membuat cover letter atau surat motivasi dan berkas-berkas lain yang dibutuhkan sebagai persyaratan. Jangan lupa juga untuk terus update tentang info-info terbaru dari website resmi BUMN incaran kamu, siapa tahu sedang buka lowongan.

 

2. Tes Tertulis

BUMN akan mengadakan tiga sampai empat tahap tes tertulis yaitu:

- GAT (General Attitude Test)

Tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan, IQ dan bakat peserta. Jenis soal yang berupa numerik. linguistik, logika dan pengetahuan umum. Tentunya harus fokus ketika mengerjakan supaya hasilnya maksimal.

- Tes Akademik

Tes ini berjuan untuk menguji kompetensi peserta di bidang studi yang mereka kuasai. Contohnya untuk posisi auditor, maka soal tes akademik yang akan diberikan mengenai audit.

- Psikotes

Tes ini sepertinya sudah umum digunakan dibanyak perusahaan. Selain menguji kemampuan intelegensi secara umum , tes ini juga memiliki aspek menguji kepribadian para peserta. Kalau kamu masih kurang mengerti dengan tes ini, kamu bisa mempelajarinya di beberapa website atau buku-buku yang menulis tentang tes psikotes.

- Tes Bahasa Inggris

Tes ini akan memeberikan nilai plus pada para peserta tentang menguasai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Tes ini selain tertulis kadang diadakan dalam bentuk tes TOEFL.

 

3. Wawancara

Bagian ini yang suka bikin peserta keringat dingin dan gugup. Di tahap ini kamu harus bisa meyakinkan perusahaan kalau kamu bisa dan layak untuk bergabung. Tes wawancara BUMN dilakukan dua sampai tiga tahap biasanya wawancara HR dan wawancara user. Ada juga FGD (Forum Group Discussion) yaitu berdiskusi dengan kelompok, usahakan juga kamu mengasah kemampuan bahasa inggris secara lisan karena saat ini di beberapa BUMN sudah mulai menjalankannya.

 

4. Kesehatan

Tes ini biasanya dilakukan pada tahap akhir dengan cara medical check up. BUMN tidak tanggung-tanggung menggunakan paket khusus medical check up yang harganya hingga jutaan rupiah untuk memastikan peseta tidak memiliki masalah apapun.

 

5. On The Job Training

Tahap ini baru beberapa BUMN yang menjalankannya. Pada umumnya sebelum diangkat menjadi karyawan tetap, peserta yang lolos seleksi akan menjalani waktu tiga sampai satu tahun untuk bekerja dan training. Nah pada akhir training makan perusahaan akan melakukan evaluasi sekaligus memutuskan apakah kinerja calon karyawan selama periode tersebut layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Dari rangkaian seleksi diatas mungkin akan terasa sedikit berliku, tapi untuk mendapatkan karir yang cemerlang di BUMN kenapa tidak :)

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Inilah Rangkaian Seleksi Di BUMN
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.