Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Berminat Jadi PNS? Kenali 5 Istilah Ini

Berminat Jadi PNS? Kenali 5 Istilah Ini


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui websitenya telah mengeluarkan pengumuman resmi bahwa pendaftaran CPNS akan dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2017. Pastinya banyak ribuan orang yang diprediksi mendaftarkan diri dengan harapan bisa lolos menjadi CPNS, jika kamu salah satu diantaranya yang berminat mulai persiapkan diri dari sekarang.

Nah, disini ada beberapa istilah yang harus kamu ketahui karena bisa jadi akan kamu temukan saat proses pendaftaran peserta CPNS.  Berikut beberapa istilahnya:

1. SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

Seleksi ini bertujuan untuk menggali pengetahuan, ketrampilan dan sikap atau perilaku para peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional dan internasional maupun kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, adaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, intergritas dan inisiatif. Tes ini dilakukan dengan metode CAT (Computer Assisted Test), jadi peserta akan langsung mengetahui nilai atau grade yang diperolehnya setelah peserta menyelesaikan tes tersebut.

 

2. CAT (Computer Assisted Test)

Sistem ini sangat penting untuk menunjang profesionalisme PNS. Yaitu metode seleksi yang menggunakan software dengan alat bantu komputer yang digunakan unutk mnedapatkan standart minimal kompetensi dasar bagi para peserta CPNS.

 

3. Tes Kesamaptaan

 Tes ini merupakan salah satu tahap seleksi yang hampir sama dengan tes fisik atau kesehatan yang akan diikuti oleh peserta CPNS. Tes kesamaptaan terdiri dari beberapa jenis, diantaranya seperti  lari, push up, sit up, shuttle run dan pull up&chinning. Biasanya dilakukan 12 menit untuk laki-laki dan 14 menit untuk perempuan.

 

4. Panselnas (Panitia Seleksi Nasional)

Panselnas yang berwenang dalam perekrutan CPNS sehingga tiap calon peserta wajib melalui proses tahap pengisian formulir di website. Panitia ini dibentuk oleh Mentri untuk menjamin objektifitas pengadaan CPNS secara nasional.

 

5. ASN (Aparatur Sipil Negara)

Kalau kamu lolos seleksi jadi PNS dan mendapatkan sudah mendapatkan SK (Surat Keputusan) maka kamu termasuk menjadi ASN. ASN terdiri dari Pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Berminat Jadi PNS? Kenali 5 Istilah Ini
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.