Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Pertanyaan Aneh Seputar Interview dan Alasannya

Pertanyaan Aneh Seputar Interview dan Alasannya
Wednesday, 03 January 2018

        

Interview sering sekali membuat orang menjadi gugup. Bukan hanya penampilan dan perfroma saja yang dibutuhkan tapi bagaimana kamu menjawab jebakan pertanyaan yang diajukan oleh recruiter? hal ini menjadi trik psikologis yang digunakan dalam sebuah interview dan ada juga yang menggunakannya untuk mengetes kekuatan mental kerja termasuk soal kepribadian. Terkadang memang pertanyaan yang diajukan agak aneh tapi dari situlah kamu akan diterima atau tidak dalam proses perekrutan. Berikut ini beberapa pertanyaan aneh beserta penjelasannya.

 

1. Ingin jadi Superhero apa dan kenapa?

"Kalau kamu menjadi Superhero, kira-kira mau jadi siapa dan apa alasannya?" Pertanyaan tersebut menunjukkan power dan intelektualitas kamu. Superhero yang kamu idolakan menunjukkan inner beauty dan memperlihatkan sikap kamu terhadap sebuah tanggung jawab. Bagaimana kamu ingin dilihat, dihargai dan sejauh mana usaha kamu dalam melakukan usaha tersebut.

 

2. Deskripsikan fungsi benda ini dalam 10 menit

Contohnya, kamu punya waktu 10 menit untuk menjelaskan apa saja yang bisa kamu lakukan dengan batu bata? Orang kreatif pastinya nggak akan memposisikan job desc yang rutin dan telaten. Pertanyaan di atas menunjukkan apakah kamu ornag yang aktif atau pasif. Kreatifitas dan inisiatif juga bisa dilihat ketika kamu menjawab pertanyaan ini. Serta bagaimana kamu menggunakan waktu untuk menjelaskan dan respon kamu ketika dihadapkan pada suatu masalah, apakah kamu bisa cepat menemukan solusi atau membutuhkan waktu untuk berpikir.

 

3. Kelebihan yang tidak kamu miliki

Dalam 1 menit, coba sebutkan sifat baik apa yang nggak kamu miliki? Self esteem dan kepercayaan diri memang bisa dilihat dari penampilan, tapi tidak menyeluruh. Tapi dengan pertanyaan ini sang recruiter bisa melihat celah yang kamu tutupi, seperti sikap, menejemen waktu dan kooperasi dengan orang lain. Kamu nggak perlu mengarang jawaban untuk pertanyaan ini karena pertanyaan seperti ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan dan posisi yang lebih kondusif.

 

4. Hewan apa yang melambangkan kamu?

Kalau kamu hewan, hewan apa yang sesuai dengan karakter kamu? Hewan memiliki sifat yang mudah di kategorikan. Nah, dengan pertanyaan ini, recruiter bisa mengamati bagaimana kamu melihat diri kamu sendiri. Mulai dari besar kecil ukuran, sifat alami dan hewan kebiasaan tersebut. Contohnya kamu menggambarkan dirimu seperti kelinci, hewan kecil dan lucu ini menggambarkan sifat yang kurang agresif.

 

5. Kalau kamu Bos, maka?

Kalau kamu menjadi Bos atau pimpinan di perusahaan ini apa yang akan kamu lakukan? Pertanyaan ini bisa menunjukkan jiwa kepemimpinan dalam dirimu. Selain itu bisa juga melihat bagaimana cara kerja kamu dengan tim apakah bisa mendominasi atau tidak. Karena jika perusahaan membutuhkan pemimpin yang asertif (kemampuan untuk mengkomunikasikan pikiran, perasaan, dan keinginan secara jujur kepada orang lain tanpa merugikannya.) justru para recruiter tidak masalah dengan calon karyawan yang ambisius dan berkemauan keras. Pemikiran yang terstruktur dan visi misi kamu dlaam bekerja juga bisa dilihat melalui pertanyaan ini, apakah kamu orang yang statis, taat aturan atau out of the box.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Pertanyaan Aneh Seputar Interview dan Alasannya
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.