Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Lima Pertanyaan Untuk Mempermudah Sebelum Wawancara

Lima Pertanyaan Untuk Mempermudah Sebelum Wawancara
Wednesday, 06 September 2017

Ketika kamu sedang mempersiapkan wawancara pasti banyak pertanyaan yang melintas dalam pikiran kamu seperti apakah interviewnya akan berhasil tau bagaimana membuat kesan pertama sebaik mungkin terhadap pewawancara? Mungkin persiapan kamu menjelang wawancara memang sudah siap 60 persen dan selebihnya hanya fokus pada waktu dimana kamu akan menghabiskan bertatap muka dengan sang pewawancara.

Lalu bagaimana agar menjadi 100 persen siap dalam menghadapinya? Ada beberapa hal-hal kecil yang harus kamu ketahui seperti lokasi perusahaan tempat kamu akan diwawancara atau berkas-berkas apa saja yang harus kamu bawa. Karena hal tersebut dapat membuat perbedaan besar untuk rasa percaya diri kamu pada hari wawancara. 

Jadi sebelum kamu berangkat wawancara pastikan kamu memiliki jawaban atas 5 pertanyaan ini:

 

1. Adakah format wawancara yang harus kamu ketahui?

Tidak disetiap perusahaan memiliki format wawancara yang sama. Jadi pastikan bahwa wawancara yang akan kamu hadapi itu bisa dalam bentuk presentasi atau hanya wawancara biasa satu lawan satu, umumnya jika wawancara biasa  memakan waktu 30 menit.

 

2. Berapa lama wawancara akan berlangsung?

Nah, biasanya sang pewawancara hanya mengatakan bahwa saat wawancara akan diadakn psikotes namun jarang yang mengatakan tes tersebut akan berkahir sampai jam berapa. Umumnya jika ada psikotes, maka waktu yang dibutuhkan bisa sampai setengah hari belum lagi jika lolos maka kamu akan bertemu dengan atasan dari divisi yang kamu apply, ada baiknya jika kamu membawa makanan ringan.

 

3. Berkas apa saja yang harus dibawa?

Selain membawa surat lamaran, bergantung pada posisi yang kamu lamar. Contohnya kamu akan melamar untuk posisi Desain maka kamu bisa mempersiapkan portofolio, karena ketika kamu tidak membawa berkas yang dibutuhkan maka akan memberikan nilai minus dari perusahaan.

 

4. Sudahkah kamu mengetahui lokasinya?

Kalau kamu belum tahu rute atau lokasi tempat wawancaranya, kamu bisa tanyakan pada sang pewawancara melalui teleponj atau email supaya nggak memakan waktu untuk mencari-cari alamatnya, bisa juga menggunakan GPS bahkan kamu bisa tahu apakah rute tersebut sedang ada perbaikan jalan atau tidak.

 

5. Busana apa yang cocok digunakan?

Jangn lupa juga untuk mencari tahu tentang perusahaan yang akan kamu datangi, apakah start up atau sudah perusahaan besar. Biasanya untuk perusahaan start up bisa menggunakan busana yang santai tapi tetap formal seperti kemeja yang dipadukan dengan celana jins.

 

Authored by Agnes Hutagalung

 





 News   Lima Pertanyaan Untuk Mempermudah Sebelum Wawancara
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.