News   Sudahkah Kamu Menjadi Karyawan Berkualitas?

Sudahkah Kamu Menjadi Karyawan Berkualitas?
Thursday , 12 April 2018

Karyawan yang baik merupakan karyawan yang berkompeten dan selalu bisa diandalkan. Mereka memiliki kualitas yang jarang dimiliki orang lain. Beberapa karyawan berkualitas ini memang tidak muncul begitu saja dalam penilaian kinerja tapi memiliki dampak besar yang positif pada kinerjanya. Berikut ini ciri-ciri karyawan yang unik dan berkualitas, apakah kamu termasuk salah satunya?

 

1. Eksentrik

Karyawan terbaik biasanya identik dengan keunikannya dan nyentrik, bahkan ada yang nyeleneh juga. Kepribadian yang tidak biasa ini mungkin terlihat aneh tapi dalam arti yang baik. Kepribadian yang tidak biasa akan membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan dan berusaha membuat timnya lebih 'hidup'. Ide-ide cemerlang pun sering muncul dari mereka.

 

2. Bisa menempatkan diri

Jika sedang terjadi suatu masalah dan situasi menjadi tegang, karyawan 'unik' ini tahu menempatkan situasi dimana ada waktu untuk bercanda dan serius, kapan waktunya menantang atau mengikuti arus. Hal ini  memang sulit diterima, namun pada kenyataannya orang disekitar mereka bisa mengerti dan mengajak untuk kompromi.

 

3. Komplain diam-diam

Semua karyawan pastinya ingin lebih terbuka jika terjadi masalah, namun beberapa masalah justru akan lebih baik jika ditangani dengan personal. Karyawan yang baik akan mendapatkan kebebasan lebih untuk membahas subjek kontroversial dalam pertemuan tim karena performa mereka yang unik dan bagus. Mereka akan datang pada atasan baik sebelum atau setrlah diskusi mengenai hal yang sensitif dan memberitahu jika pembahasan tersebut bisa menimbulkan masalah.

 

4. Pujian di depan publik

Mendapat pujian dari atasan di depan publik akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Namun mendapat pujian dari rekan kerja sendiri akan terasa lebih tersanjung apalagi kalau kamu menganggap mereka lebih hebat dari kita. Karyawan berkualitas biasanya lebih peka untuk memberikan kontribusi pada rekan kerja yang lain terutama jika diperuntukkan untuk rekan satu tim karena akan menimbulkan kesan yang lebih bermakna.

 

5. Menikmati proses

Tidak semua karyawan merasa puas dan selalu mengotak atok pekerjaannya seperti menyesuaikan proses atau pun memodifikasi workflow. Karyawan 'unik; akan mengikuti proses dan mereka selalu menemukan cara untuk membuat proses tersebut menjadi lebih baik dan menyenangnya.

So, jangan hanya tertipu dari penampilan luar seseorang karena performa dan karakter.  Mereka yang sesungguhnya akan segera muncul terutama jika dihadapkan dengan suatu masalah.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Sudahkah Kamu Menjadi Karyawan Berkualitas?
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.