Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Tips Interview Sukses Untuk Developer

Tips Interview Sukses Untuk Developer
Wednesday, 04 April 2018

Interview kerja tidaklah seburuk yang kamu bayangkan, kalau kamu menyadari  bukanlah proses komunikasi yang hanya berjalan satu arah saja. Sang rekruiter akan menentukan apakah kamu masuk dalam kualifikasi kandidat yang dicari atau tidak. Dan point pentingnya 'apakah ini tempat yang tepat?'

Berikut tips supaya sukses dalam interview untuk para developer.

 

1. Bawa portofolio

Saat datang interview jangan hanya membawa resume saja tapi bawalah copy an portofolio dari proyek yang pernah kamu kerjakan. Print sampel kode sumber proyek tersebut. Biarkan sang rekruiter mengetahui proyek tersebut merupakan hasil kerja kamu. Kalau portofolio kamu berupa website, pastikan situsnya bisa diakses ketika wawancara berlangsung. Dan nggak ada salahnya loh untuk latihan dulu untuk mendemokan software atau website portofolio kamu.

 

2. Tidak membabi buta

Developer memang orang-orang yang penuh dengan passion, tapi jangan habiskan waktu wawancara dengan menceritakan seberapa cintanya kamu dengan coding. Ceritakan juga pengalaman dan minat kamu terhadap proyek yang sudah dikerjakan, mulai dari menjadi bagian dari tim , peranmu ketika memecahkan masalah dan menciptakan kode elegan yang mudah dibaca.

 

3. Memiliki potensi

Perlu diingat ketika kamu di wawancara bukan hanya untuk posisi sebagai staff saja tapi untuk proyek. Jika perusahaan yang kamu lamar bukan perusahaan besar, kamu akan mempertimbangkan untuk ikut menjadi bagian dalam proyek yang ditanyakan. Keberhasilan dalam pengerjaan proyek akan mendatangkan proyek yang lebih besar dan otomatis meningkatkan potensi kamu daripada melamar di perusahaan besar dimana proyek yang di develop berupa aplikasi atau service yang kecil dan in-house.

 

4. Menayakan tools yang digunakan

Setiap develop memiliki preferensi tools masing-masing yang dianggap efisien. Pastikan pihak perusahaan tidak melarang kamu untuk menggunakan developing tools andalanmu. Ada beberapa developer yang hanya nyaman bekerja di lingkungan dengan tools tertentu. Jika kamu bekerjadi perusahaan yang asing dan efisien pastinya juga nggak akan nyaman kan.

 

5. Kontak mata

Meskipun kebanyakan developer itu sifanya introvert, kesan yang kamu tinggalkan ketika wawancara akan sangat berpengaruh pada nasib kamu selanjutnya. Jangan ragu untuk melakukan kontak mata ketika wawancara, karena hal tersebut menunjukkan rasa percaya diri. Dan percaya dirilah yang dibutuhkan oleh para developer.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Tips Interview Sukses Untuk Developer
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.