Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Faktor Aneh Penyebab Stres di Kantor

Faktor Aneh Penyebab Stres di Kantor
Wednesday, 28 March 2018

Tanpa disadari kamu pasti pernah mengalami stres di kantor. Pada awalnya merasa enjoy melakukan rutinitas pekerjaan, namun hal tersebut menjadi salah satu pemicu stress ditempat kerja. Hal pemicu lainnya adalah kebiasaan buruk yang meliputi sering membuat kesalahan, membicarakan kelemahan orang lain dan berbagai tindakan negatif lainnya. Stres yang kamu alami bisa dikurangi dengan cara kamu harus mengetahui dulu efek yang terjadi pada karirmu di masa yang akan datang. Stres bisa membuat kamu menjadi tidak fokus ketika kamu ingin membangun karir yang sukses.

Faktor-faktor aneh seperti apa yang bisa membuat stres di tempat kerja? simak penjelasannya dibawah ini.

 

1. Mudah Insecure

Ketika rekan kerja mulai menggosip, topik pembicaraannya nggak jauh-jauh dari membicarakan tentang kelemahan orang lain atau sifat-sifat negatif. Alasan orang-orang melakukan hal ini karena mereka merasa orang yang dibicarakan merupakan orang tidak berkompeten, dan mereka para penggosip merasa dirinya lebih baik dan lebih berkompeten. Mengapa hal ini bisa terjadi? karena adanya perasaan insecure atau tidak amaan. Dengan membicarakan kelemahan orang lain yang membuat mereka akan merasa benar dan lebih baik. Akibat yang ditimbulkan adalah saling ketidak percayaan antar rekan kerja yang dipenuhi perasaan tidak nyaman.

 

2. Mudah marah

Terkadang rasa marah menjadi salah satu luapan ketika seseorang sedang mengalami stres, tapi hal tersebut bukanlah menjadi jalan keluar  justru malah semakin stres dan tekanan bagi orang lain. Ketika seseorang mengeluhkan dan membicaran orang lain karena merasa marah, daripada mereka berdiskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak yang terlibat, mereka lebih memilih untuk membangun kubunya sendiri, yaitu dengan membujuk dan meracuni pikiran orang lain untuk masuk ke dalam kubunya. Karena dengan begitu mereka berpikir bahwa semakin banyak orang-orang yang mendukungnya maka mereka akan merasa benar. Efek yang terjadi adalah orang-orang yang ikut termakan omongan tersebut akan mengalami stres yang tidak wajar. Jadi, daripada membahas tentang solusi mereka lebih suka untuk membuat masalah baru.

 

3. Suka cari perhatian

Sebut saja kelompok A. Kelompok  A yang selalu mencari perhatian karena ingin mendapatkan perhatian. Terutama saat kantor sedang mengadakan acara atas prestasi yang diraih oleh karyawan lainnya maka kelompok A akan menyebarkan gosip serta obrolan negatif tentang prestasi yang diraih hanyalah suatu kebetulan dan hanya mitos. Orang yang memiliki sifat seperti kelompok A ini merasa ketika mereka mulai membicarakan keburukan maupun kekurangan seseorang, mereka merasa bahwa merekalah yang terbaik dari semuanya. Mereka beranggapan bahwa dengan cara pikir yang dimiliki, mereka bisa dipercaya, mendapat apresiasi, dihormati dan merasa menang karena dalam pikiran mereka tertanam 'jika atasanku melihat kelemahan orang tersebut maka si bos akan melihat kelebihanku'.

So, kalau kamu menjadi karyawan baru di suatu perusahaan tetaplah fokus pada hal-hal positif dan tingkatkan kemampuan serta ilmu pengetahuan kamu. Supaya tidak terlibat dengan faktor penyebab stres.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Faktor Aneh Penyebab Stres di Kantor
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.