Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Lulus Kuliah Jadi Pengangguran? Inilah Penangkalnya

Lulus Kuliah Jadi Pengangguran? Inilah Penangkalnya
Tuesday , 20 March 2018

Banyak mahasiswa yang setelah lulus sarjana, kemudian bingung mau kemana dan harus melakukan apa. Ketika kebingunan tersebut melanda, biasanya akan menjadi alasan seseorang menjadi pengangguran dalam kurun waktu yang lama. Apakah kamu sedang mengalaminya atau? kalau iya, inilah saatnya kamu untuk  membuka pikiran dan jangan hanya diam terpaku. Berikut ini tips penangkal supaya kamu tidak menjadi pengangguran setelah lulus kuliah.

 

1. Membangun koneksi

Hai ini sama artinya dengan memperbanyak teman yang nantinya akan sangat berguna ketika kamu lulus dan mulai melebarkan sayap dalam dunia kerja. Pengalaman tidak hanya didapat di bangku kuliah tapi dari pengalaman orang lain yang bisa kamu terapkan nantinya. Semakin banyak koneksi, maka kamu akan mendapat banyak bantuan juga ketika dalam kesulitan.

 

2. Berkarya dan buat portofolio

Portofolio bisa berupa apa saja yang nantinya akan sangat berguna sebagai bukti nyata kemampuan kamu dalam bidang tertentu. Tidak hanya IPK dan gelar cumlaude yang diraih, tapi portofolio juga bisa didapatkan dari prestasi di bidang kompetisi akademik maupun melalui hobi yang kamu gemari. Karena semua jenis portofolio akan menjadi pertimbangan suatu perusahaan dalam merekrut calon karyawannya, apalagi kalau kemampuan kamu sangat berkaitan dengan posisi yang kamu lamar di perusahaan tersebut.

 

3. Tidak terpaku pada jurusan

Banyak mahasiswa ketika mereka lulus masih saja terpaku dengan jurusan yang mereka ambil ketika kuliah. Padahl hal ini yang sebenarnya akan membuat kamu menjadi terhambat saat mencari pekerjaan yang diinginkan karena memang kamu harus menunggu dengan mencari pengalaaman bekerja di tempat lain. Cobalah untuk melakukan pekerjaan yang bisa kamu kerjakan, setelah kamu sudah memiliki pengalaman yang cukup maka kedepannya kamu dengan mudah bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu harapkan. Jadi jangan terlalu kaku dalam menjalani apa yang seharusnya dijalankan, toh juga tidak akan sia-sia karena akan mengambah kemampuan kamu.

 

4. Hilangkan gengsi

Hal ini yang sering ditemui oleh mahasiswa yang baru saja lulus kuliah. Mereka menginginkan pekerjaan yang setara dengan para pekerja yang berpengalaman lebih banyak. Hayoo, jangan gengsi dan malu ya ketika kamu ingin mendapatkan pekerjaan ketika lulus kuliah, percaya diri dan bekerja mulai dari nol. Meski gaji maupun fasilitas belum sesuai dengan keinginan kamu tapi pengalamanlah yang akan membawa kamu menuju pekerjaan impian dan kesuksesan.

 

5. Aktif di kegiatan kampus

Setiap kampus pastinya memiliki suatu kegiatan yang tentunya sangat bermanfaat. Tahukah kamu jika kamu aktif dalam memanfaatkan kegiatan kampus baik itu berupa komunitas maupun organisasi, karena ketika kamu lulus nanti maka komunitas ataupun organisasi tersebut dapat kamu manfaatkan unutk sementara dalam mencari pengalaman dan akan sangat mudah karena sudah terbiasa  dengan dunia luar terutama dalam hal komunikasi.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Lulus Kuliah Jadi Pengangguran? Inilah Penangkalnya
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.