Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Skill Ini Wajib Dimiliki Oleh Product Manager

Skill Ini Wajib Dimiliki Oleh Product Manager
Monday , 26 February 2018

Kapasitas menjadi product manager memang sangat di butuhkan khusunya pada perusahaan start up. Untuk menjadi seorang product manager umumnya harus memiliki dua kemampuan, yakni kemampuan emosional maupun sosial dan kemampuan teknis. Kemampuan emosional dan sosidal akan sangat membantu product manager dalam mengelola tim dan memahami kegunaannya. Sedangkan untuk kemampuan teknis lebih mengarah kepada diskusi dengan tim teknisi supaya bisa optimal dan diterima dengan baik oleh para pengguna.

Selengkapanya poin-poin di bawah ini akan menjelaskan hal-hal umum apa saja yang wajib dimiliki oleh sang product manager.

 

1. Project Management

Ada tiga bagian utama dalam project management yaitu ruang lingkup, waktu, dan sumber daya. Product manager harus mampu memahami dengan baik tentang solusi yang akan di lakukan dengan keterbatasan waktu dan sumber daya yang ada. Bahkan dengan keterbatasan waktu dan sumber daya tersebut mereka di harapkan bisa melakukan prioritas utama mana yang lebih memberikan dampak lebih besar dari sekian banyak hal penting yang harus dikerjakan.

 

2. Kemampuan teknis

Kemampuan ini wajib dimiliki karena dibutuhkan supaya bisa berkomunikasi dengan baik dengan tim pengembang dan teknis di perusahaan. Termasuk pemahaman teknologi juga sangat diperlukan supaya bisa memberikan masukan dan pertimbangan yang berbobot bagi tim teknis.

 

3. Menganalisa Data

Kemampuan sang manager product dalam memahami fitur dan untuk di evaluasi kedepannya apakah memberikan hasil yang baik atau tidak. Selain itu product manager juga harus rutin melakukan audit dari seluruh fitur. Fitur mana yang lebih banyak digunakan oleh user, terkadang saat mereka terlalu fokus mengejar fitur baru sementara fitur lain yang banyak digunakan oleh user masih bisa di optimalkan.

 

4. Disiplin dan Detil

Disiplin dalam bekerja mulai dari hal-hal sederhana yaitu datang on time, sering mengadakan meeting, rutin memberikan update komununikasi pada tim yang bersangkuran, dan selalu ada ketika dibutuhkan. Semuanya harus dilakukan secara disipilin dan konsisten. Tidak lupa juga untuk detil atau teliti ketika merancang solusi dan melakukan test sebelum fitur diluncurkan kepada users.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Skill Ini Wajib Dimiliki Oleh Product Manager
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.