Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Punya Rekan Kerja Bossy? Lakukan Hal Ini

Punya Rekan Kerja Bossy? Lakukan Hal Ini
Wednesday, 27 December 2017

Saat kamu memasuki dunia kerja, maka kamu akan bertemu banyak orang dengan karakter dan pribadi yang berbeda tentunya. Mulai dari extrovert, introvert, pemalu, idealis sampai yang bossy atau kerjaannya suka memerintah. Tipe si bossy ini merupakan tipe yang pasti akan kamu temukan dalam dunia kerja.

Karakter si bossy biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang suka menyuruh atau memerintah orang lain sesuai dengan kemauannya dan egois. Memang sih nggak mudah menghadapi rekan kerja yang bossy. tapi tenang, berikut tips untuk menghadapi rekan kerja kamu yang bossy.

 

1. Bersikap Tegas

Bersikap tegas bukan berarti galak. Tapi pengertian tegas disini yaitu memposisikan diri kamu pada suatu sikap yang berani dan sopan, supaya tidak dianggap sepele. Jika dia mengalami kesulitan tetap berikan bantuan namun bukan berarti kamu yang mengerjakannya ya.

 

2. Bersikap Profesional

Saat si bossy suda memasuki tahap semena-mena untuk memerintah kamu untuk menyelesaikan tugasnya, beranilah untuk mengatakan TIDAK. Kamu bisa menolak permintaannya dengan cara halus, dan tunjukkan sikap profesional kamu saat melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dengan cara mempergunakan waktu sebaik mungkin. Waktunya serius ketika bekerja ada waktunya santai ketika jam istirahat.

 

3. Menjaga Jarak

Biasanya rekan kerja yang bisa bersikap bossy karena dia melihat kamu cukup dekat denggan dirinya. Nah sebaiknya mulailah untuk membatasi dirimu dengan si bossy, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Terkadang orang terdekat bisa 'menusuk' kamu dari belakang.

 

4. Stay Calm

Tipe bossy kerap melontarkan apapun yang ada dipikirannya secara langsung. Dia tidak memikirkan apakah perkataannya salah atau benar, menyakiti perasaan orang lain atau nggak. Apabila sudah sampai di tahap seperti ini, kamu harus tetap stay calm, jangan malah ikut terpancing emosinya untuk menghindari terjadinya adu mulut.

 

5. Bicarakan Dengan Atasan

Kalau kamu benar-benar sudah nggak nyaman dekan kelakuan rekan kerja kamu yang bossy, inilah saatnya kamu berbicara dengan atasan kamu. Jika hal ini berlanjut maka suasana kerja menjadi nggak kondusif dan mempengaruhi performa kerja kamu pastinya. Nggak ada salahnya kok untuk berkomunkasi dengan atasan kamu, dengan begitu atasan kamu bisa memberikan arahan apa yang seharusnya kamu lakukan dan tidak lakukan.

 

Jika sudah sampai tahap ubun-ubun atau tingkat kesabaran kamu sudah habis karena nggak sanggup lagi menghadapi rekan kerja yang bossy, mulailah untuk memikirkan pindah ke divisi lain namun harus dengan persetujuan atasan kamu ya. Atau kamu melihat  ada peluang yang lebih menjanjikan diluar sana, maka mulailah untuk mencari tahu dan mempelajari tentang perusahaan tersebut, apakah bisa membuat kamu berkerja dengan nyaman.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Punya Rekan Kerja Bossy? Lakukan Hal Ini
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.