Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Tips Mencari Kerja Yang Perlu Dihindari

Tips Mencari Kerja Yang Perlu Dihindari
Wednesday, 06 December 2017

Banyaknya para jobseeker yang melamar kerja setiap harinya baik secara online maupun langsung membuat mereka atau termasuk kamu sibuk membaca berbagai macam artikel mengenai tips mencari kerja. Tapi beberapa diantaranya malah membuat kamu malah sulit mendapatkan pekerjaan. Nah, berikut ini tips yang sebaik nggak kamu lakukan ketika mencari kerja:

 

1. Pengejaan dan tata bahasa pada CV

Kamu harus memperbaiki kesalahan dalam pengejaan ataupun tata bahasa yang ada di  CV kamu apalagi kalau menggunakan bahasa Inggris. Karena kalau kamu nggak memperbaiki atau mengecek dulu maka kamu akan menghancurkan setiap peluang yang ada. Sering sekali orang membuat lamaran kerja ditulis dengan baik tapi suka lupa mengecek pengejaan dan tata bahasanya. Jadi sebelum kamu kirim surat lamaran tersebut sebaiknya periksa dulu dan baca dua sampai tiga kali ya.

 

2. Melamar semua posisi lowongan kerja

'Ingin cepet dapet kerja!' Itulah yang pasti ada di benak para pencari kerja, apalagi ketika perusahaan yang kamu idolakan sedang membuka lowngan dengan beberapa posisi. Karena keinginan kamu yang besar dan kuat di perusahaan tersebut akhrinya kamu melamar semua posisi yang sedang dibuka. Peluang besar supaya lamaran kerja kamu dilihat oleh rekruter pun nggak perlu ditanyakan lagi, tapi yang perlu diingat ketika kamu melakukan hal tersebut maka akan menurunkan kredibilitas kamu sebagai seorang pekerja karena kamu tipe orang yang nggak bisa menentukan pilihan.

 

3. Titip surat lamaran ke resepsionis kantor

Banyak yang bilang kalau peluang untuk mendapatkan perkerjaan akan lebih besar kalau kamu mengirimkan surat lamaran langsung ke kantor yang dituju. Tapi surat lamaran kamu nggak akan bisa langsung mendarat mulus di meja rekruter melainkan surat lamaran kamu harus melewati meja resepsionis terlebih dahulu, yang ada malah merugikan kamu kan. Para rekruiter saat ini cenderung melakukan screening melalui situs pencari kerja, salah satunya pada situs www.rajajobs.com, so sebaiknya kamu menggunakan cara yang lebih modern juga daripada menitipkan lamaran fisik di resepsionis kantor.

 

4. Selalu menghubungi rekruter

Menghubungi rekruter tidak ada salahnya kok asal secara profesional ya, untuk menanyakan tentang kepastian apakah kamu diterima kerja atau tidak. Tapi kalau kamu menghubungi rekruter terus menerus juga nggak baik karena hal tersebut akan menganggu pekerjaan mereka. Ketika kamu ingin menanyakan perihal tersebut sebaiknya dilakukan ketika jam kerja.

 

5. Menurunkan nominal gaji

Tidak sedikit para pencari kerja yang memang sengaja menurunkan ekspetasi gaji mereka supaya peluang mendapat pekerjaan lebih besar. Nyatanya hal tersebut akan menyusahkan dirinya sendiri. Karena rekruter cenderung menawarkan gaji yang lebih kecil daripada ekspetasi yang dimiliki oleh sang pelamar. Pada akhirnya kamu sendiri yang akan menyesal karena ketika kamu berhasil mendapatkan pekerjaan tapi gaji nya nggak sesuai dengan yang kamu harapkan. Maka dari itu tentukan dulu nominal gaji kamu sesua dengan keinginan dan standar yang berlaku dengan posisi yang akan kamu lamar. Jangan sampai besar pasak daripada tiang ya.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Tips Mencari Kerja Yang Perlu Dihindari
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.