Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Lima Rahasia Menjadi HRD Profesional

Lima Rahasia Menjadi HRD Profesional
Monday , 18 September 2017

Untuk menjadi HRD yang profesional tidakklah mudah , dibutuhkan beberapa kriteria seperti mengenal karakter seseorang. Eitsss...tidak hanya itu, karena banyak kebutuhan perusahaan yang berhubungan dengan tugas HRD. Misalnya di bagian finance yang mengurus gaji karyawan dan memastikan perusahaan memiliki sumber daya manusia yang dibutuhkan, mengurus keperluan perusahaan dan menjaga keharmonisan antar karyawan.

Meski kedengarannya ribet namun banyak orang yang tertarik dengan pekerjaan ini, bisa jadi termasuk kamu. Nah, sebelum kamu terjun lebih dalam sebaiknya ketahui sifat profesional HRD berikut ini:

 

1. Mengenal Perusahaan

Menjadi HRD di perusahaan tempat kamu bekerja tentnuya kamu harus mengetahui produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. termasuk kelebihan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Peluang-peluang apa yang ada, ancaman apa yang akan atau sedang dialami oleh perusahaan, Tandanya kamu harus melakukan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Dengan begtu kamu bisa memperkirakan apa sebaiknya yang kamu lakukan sebagai HRD supaya perusahaan dapat mewujudkan dan mencapai target-target yang diinginkan.

 

2. Multitasking

Ya, multitasking. Itulah yang harus diwajibkan untuk semua HRD. Saat kamu seadang mendengar curhatan karyawan, tak lama kemudian kamu harus membereskan klaim biaya meeting yang diajukan oleh karyawan lain, belum lagi memikirkan strategi perekrutan yang tepat. Berbagai macam prioritas dan kebutuhan bisnisn berberak dan berubah dengan cepat. Misalnya klien A tidak bisa menunggu dengan alasan ketika kamu sedang sibuk dengan kolega B, tapi kamu harus bisa mengatasinya.

 

3. Desication to Continous Improvement

Menjadi HRD profesional harus selalu siap membantu atasan (manager atau boss) dalam mendampingi dan mengembangkan karyawan di setiap divisinya, akan lebih baik lagi jika dibarengi dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan fungsi dari HRD sendiri.

 

4. Koneksi Yang Luas

Memiliki koneksi atau networking yang luas sudah bukan hal yang perlu ditanyakan lagi sebagai HRD profesional. Ada baiknya lagi jika kamu bergabung dalam komunitas atau perkumpulan HRD yang akan memberikan banyak kesempatan unutk saling mengenal antar sesama praktisi HRD dan memeperkuat networking.

 

5. Employee Trust

Karyawan sangat berharap pada divisi HRD untuk membela kepentingan mereka. Tapi kamu juga dituntut untuk mendukung setaip kebijakan dari top manajemen. Dengan menyeimbangkan antara dua kubu yang sama-sama 'menarik' tangan kamu itu, maka kamu akan mendapatkan kepercayaan.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Lima Rahasia Menjadi HRD Profesional
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.