Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   5 Kata Ini Akan Membuatmu Kehilangan Rasa Simpatik

5 Kata Ini Akan Membuatmu Kehilangan Rasa Simpatik
Tuesday , 22 August 2017

Secara umum para karyawan biasanya cenderung menggunakan jargon-jargonnya (kata andalan) untuk kegiatan bisnis mereka. Tapi ada beberapa kata-kata yang bisa menimbulkan resiko yang kurang baik di lingkungan kerja kamu dan mengakibatkan akan kehilangan rasa simpatik dari orang-orang sekitar. Beberapa kata-kata ini memang sebenarmya sah-sah saja jika kamu gunakan saat berdiskusi dengan teman dekat atau keluarga. Berikut ini merupakan kata-kata yang harus kamu hindari di lingkungan kerja.

 

1. Tidak Masalah

Ya, pasti kamu akan bingung saat mendengar kata ini, apa yang salah?

Bila dilakukan dengan perumpaan, saat kamu diminta tolong untuk memfotokopi dokumen atau menyusun agenda meeting, suatu hal yang mudah bukan? kemudian kamu menjawab 'tidak masalah' apalagi jika yang meminta tolong adalah atasanmu. Hal tersebut tidak akan menunjukkan tanggapan positif.

 

2. Terserah

Sama halnya pada point pertama 'tidak masalah', kata ini cenderung memiliki arti yang sembrono. 'Tererah' sering digunakan untuk mengabaikan gagasan orang lain. Kata 'terserah'membuat kamu terkesan bahwa kamu tidak memiliki inisiatif apalagi juga kamu sedang rapat atau mengambil keputusan.

 

3. Ungkapan Rasa Kesal

Mungkin ekspresi ini lebih sering kamu rasakan saat dikantor. Ketika kamu mengatakan 'Saya sangat kesal terhadap si A kemarin', pada dasarnya kamu mengaku tidak bisa bergaul dengan orang lain (walaupun menurut kamu si A salah).

 

4. Tidak Bisa

Saat kamu diberikan deadline tapi kamu nggak yakin bisa menyelesaikannya, jawaban aman yang akan kamu katakan adalah 'tidak bisa' karna memang kamu benar-benar tidak bisa melakukannya. Tapi ungkapan seperti itu membuat kamu akan terlihat tidak efektif yang tersengar mengecewakan. Cobalah untuk menghindari kata 'tidak bisa', kamu bisa menggantinya dengan kata-kata 'Saya tidak tahu solusi atau cara mengerjakannya, bisakah kita berdiskusi untuk mendapatkan solusinya ata dengan memberikan masukkan pada saya?' Hal ini akan membuat kamu mendapat rasa simpatik pada rekan kerja.

 

5.  Berharap

Kata yang satu ini memang terdengar agak tidak masuk akal, bisa menjadi pasif bahkan pasif agresif jika kamu tidak menggunakannya dengan hati-hati. Dalam beberapa konteks kata 'berharap' mencerminkan bahwa kamu kurang percaya diri. Misalnya 'Saya berharap penjualan kita bulan ini bisa memenuhi target.' Ubahlah kata tersebut dengan 'Saya benar-benar ingin mengharapkan kita bisa memenuhi target penjualan kita dan say tahu kalau kita bisa melakukannya.'

Tidak ada kata terlambat untuk berubah dan menghindarinya, jika selama ini kamu sering mengucapkan kata-kata yang ada diatas yang bisa mengurasi respek atau simpati dari rekan kantor kamu. Jika kamu sudah bisa menahan diri untuk tidak mengatakannya, maka kamu akan mendapatkan kembali rasa percaya dirimu.

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   5 Kata Ini Akan Membuatmu Kehilangan Rasa Simpatik
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.