Close

Your opinion matter to us

Please rate and help us get better
Rate Rajajobs
 
Lewati
 
  News   Pecahkan Masalah dan Berdiskusi Dengan Atasan

Pecahkan Masalah dan Berdiskusi Dengan Atasan
Wednesday, 02 August 2017

 

Tidak ada salahnya untuk berdiskusi tentang masalah yang sedang kamu hadapi kepada atasan kamu saat ini di kantor, walaupun terkadang kamu bisa menyelesaikan masalahnya dengan kemampuanmu sendiri sehingga atasan kamu nggak tahu tentang masalah apa yang sedang terjadi di kantor. Jika kamu pernah melakukannya, stop dan jangan lakukan lagi. Tetap diskusikan dengan bos kamu untuk menjadi masukkan dan ceritakan bahwa kamu bisa menangani masalah baru yang membuatmu semakin tertantang disetiap momentnya.

Hal ini akan memberikan point plus dari atasan kamu dan kesempatan naik jabatan bisa kamu raih. Tidak perlu diskusi terlalu formal atau serius yang penting jangan pernah menyembunyikan masalah yang sedang atau pernah terjadi. Dan buatlah atasan kamu menjadi terkesan, seperti apa? Lakukan empat langkah ini

 

1. Mulailah Untuk Berbagi

Jika kamu ingin menjelaskan bahwa masalah sudah ditangani sehingga atasan pun nggak perlu panik terhadap masalah yang sedang terjadi.  Kalau tidak bosa bertemu langsung untuk membicarakannya kamu bisa menulis email dan jelaskan bagaimana permasalahan itu terjadi hingga bagaimana penyelesaiannya tapi jangan menjadi terkesan kamu sedang carmuk dan membual. Jadi jika suatu saat masalah itu terulang kembali dapat diselesaikan dengan segera.

 

2. Rundown Singkat dan Jelas

Saat kamu menjelaskan permasalahan yang terjadi, jelaskan dengan singkat namun jelas. Jelaskan masalah apa yang terjadi, siapa yang terlibat dan kapan terjadi. Sama halnya seperti membuat rundown. Jika kamu benar-memahami akar permasalahan yang terjadi, seperti kamu bisa memecahkan sebuah masalah dengan menemukan solusinya dan membantu perusahaan untuk terhindar dari permasalahan yang sama.

 

3. Jangan Takut

Jangan pernah takut untuk mencoba solusi apapun untuk menyelesaikan masalah walaupun di satu sisi solusi tersebut tidak membuahkan hasil. Tapi dari situ kamu akan bisa melihat hasil yang kamu  capai sejauh ini dari bagaimana kamu menyelesaikan masalahnya dengan beberapa solusi yang sudah kamu terapkan dan tidak takut untuk mencoba hal baru. Jadi  nggak perlu takut untuk mengatakannya kepada atasan kamu kalau kamu pernah tidak berhasil dalam memecahkan masalah yang terjadi supaya atasan dan rekan kerja yang lain bisa belajar dari kesalahan itu.

 

4. Terus Bergerak Maju

Dari beberapa penjelasan diatas, apa yang telah kamu alami dapat dijadikan sebagai pengalaman dan memastikan bahwa masalah itu jangan sampai terjadi lagi kedepannya yang dimana kamu tidak akan menghindar ketika menghadapinya. Belajarlah dari kesalahan dan optimis untuk menjadi lebih baik bagi dirii sendiri dan perusahaan, karena secara tidak sadar pemecahan masalah adalah keterampilan yang akan membuat kamu hidup kamu menjadi lebih professional

 

Authored by Agnes Hutagalung





 News   Pecahkan Masalah dan Berdiskusi Dengan Atasan
Read This

News

Career Advices

Interview Q & A

Salary Info

Activities



Subscribe
Be informed about the latest Vacancies, Events, and Career Tips.
About Us
Contact Us
FAQ
Product & Services
Terms & Conditions
Gallery
Rajajobs' Apps
Please input your phone number. Rajajobs' download link will be sent to your phone.