Employers: Sign In | Sign Up      
   

RajaJobs Update

News

Career Advices

Salary Reviews

Company Reviews

Activities



Mengatur Keuangan Supaya Mapan Dari Lajang

Tidak ada perbedaan antara wanita maupun pria, harus pintar dalam mengatur keuangan pribadi agar tetap mapan meski masih lajang. Memang akan terasa sulit pada awalnya untuk melakukan hal tersebut, tapi kenapa tidak demi mendapatkan hidup yang tenang dan mapan? sangat disayangkan kalau kamu sudah susah payah mencari kemudian menyimpan uang kemudian habis begitu saja sebelum waktunya. Nggak mungkin juga kan kamu minta uang sama orang tua lagi hanya karena keteledoranmu sendiri? sudah saatnya kamu harus meningkatkan kualitas hidup kamu untuk beberapa tahun kedepan seperti punya modal untuk cicil rumah, kendaraan maupun investasi.

Nah, disini kita akan membahas supaya finansial kamu tetap stabil.

 

1. Bedakan ATM

Supaya pengeluaran kamu lebih terkendali cobalah untuk memisahkan uang dengan dua ATM yang berbeda dengan fungsi satu untuk keperluan sehari-hari dan yang satu lagi untuk tabungan. Perlu diperhatikan nih yang untuk tabungan, pastikan kamu memilih bank yang memberikan pajak yang rendah ya. Karena dengan habbit seperti ini makan keuangan kamu akan lebih mudah terkendali.

 

2. Budget Khusus

Sadar nggak sadar, kebisaan merokok sering menjadi penyebab utama pemborosan. Kalau kamu nggak bisa meninggalkannya maka kamu bisa membatasi budget khusus untuk pengeluaran rokok, jika biasanya kamu menghabiskan satu bungkus untuk dua hari maka sekarang kurangi budget rokokmu menjadi satgu bungkus untuk tiga hari. Selain cara ini bisa lebih hemat kebiasaan merokok mu juga pasti menjadi berkurang secara perlahan.

 

3. Belanja Bulanan

Terkadang memang agak ribet untuk memenuhi belanja mingguan ada baiknya kamu melakukan belanja bulanan karena dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah di swalayan. Tulis di agenda kebutuhan bulanan yang kamu butuhkan untuk sebulan kedepan, karena biasanya kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah pada barang kemasan besar.

 

4. Budget Untuk Hobi

Memiliki hobi yang sangat diminati tentunya tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan uang untuk merawatnya seperti fotografi atau otomotif, nah disini yang harus kamu perhatikan. Batasi pengeluaran kamu untuk hobi setidaknya tidak lebih dari 30 persen dana bulanan yang kamu miliki agar kamu tetap bisa menyisihkan uang untuk tabungan.

 

5. Belajar Investasi

Nggak ada salahnya kan untuk mulai belajar berinvestasi jangka panjang, ya mungkin untuk saat ini kamu memang belum kepikiran tapi ingat kesejahtraan akan lebih mudah tercapai kalau kamu sudah memikirkannya selagi muda. Nggak hanya menyimpan uang di tabungan tapi kamu juga bisa menginvestasikannya dalam bentuk barang ataupun saham supaya bisa berkembang dan menjadi lebih besar.

Selamat mencoba :)

 

Authored by Agnes Hutagalung



© Copyright 2017 Rajajobs - All rights reserved. Terms and Conditions
For Optimal view, use IE 8.0 or Mozilla Firefox 3.6