Employers: Sign In | Sign Up      
   

RajaJobs Update

News

Career Advices

Salary Reviews

Company Reviews

Activities



Tips Terbaik Untuk Nego Gaji

Banyak orang mendambakan gaji yang layak dan menjadikannya sebagai alasan utama mereka untuk bekerja. Tapi banyak kesalahan yang sering terjadi  ketika seseorang menerima pekerjaan baru, mereka menerima berapapun gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. Meski sebenarnya hal tersebut wajar, tak bisa dipungkiri jika bekerja juga untuk mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Masalah gaji masih sering dianggap tabu ketika melakukan negosiasi. Hanya karena tidak enak, maka hal tersebut enggan untuk dibicarakan. Sebenarnya nggak perlu untuk merasa tidak enak untuk meminta gaji lebih ketika sedang negosiasi. Dibawah ini beberapa tips ampuh yang bisa kamu lakukan saat negosiasi gaji.

 

1. Melakukan riset

Sama hal nya ketika akan menghadapi ujian, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk posisi yang akan dilamar. Sangat perlu diketahui pekerjaan apa yang akan kamu lakukan nanti dan peraturan apa saja yang berlaku di perusahaan tersebut. Kamu juga harus tahu nominal gaji yang kamu inginkan dengan kualifikasi yang kamu miliki pastinya.

Sehingga gaji yang kamu ajukan pas, jika kamu mengajukan angka nominal yang tinggi namun tidak sesuai kualifikasi maka hal tersebut sudah pasti sangat tidak masuk akal bagi perusahaan.

 

2. Penjedaan waktu yang ekfetif

Ya, negosiasi gaji bukanlah hal yang mudah terutama untuk skala perusahaan menengah ke bawah. Karena kemungkinan perusahaan tersebut belum mampu membayar gaji karyawannya dengan nominal angka yang kamu inginkan. Cobalah mempergunakan waktu dengan baik, yaitu dengan mendiskusikan kembali dengan bos supaya bisa mencapai nominal yang kamu inginkan.

Tapi perlu dipastikan, perusahaan mengetahui gaji kamu sebelumnya agar bisa menjadi pertimbangan. Dengan mengirimkan slip gaji kamu di perusahaan sebelumnya kamu bekerja.

 

3. Mengetahui kisaran gaji

Ketika kamu melamar di perusahaan yang tidak sesuai dengan divisi yang sedang mereka, sebaiknya kamu memilih perusahaan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Karena dengan seringnya kamu selalu pindah-pindah bekerja tidak akan meningkatkan skill kamu.

 

4. Bersikap fleksibel

Jika perusahaan tetap tidak bisa melakukan negosiasi terhadap gaji yang mereka tawarkan, maka kamu dapat melakukan negosiasi pada kompensasi lain seperti tunjangan (BPJS Kesehatan), uang transportasi plus makan, pendidikan hingga bonus performa kerja. Nggak ada salahnya kan bernegosiasi selain yang kamu dapatkan di luar gaji. Semua itu harus kamu pastikan dulu sebelum mengambil keputusan menerima atau menolak sampai semua informasi sudah kamu dapatkan.

 

5. Menarik ulur

Kamu perlu menjelaskan terhadap perusahaan mengapa kamu tetap bertahan pada nominal gaji yang diinginkan. Karena dalam hal ini tidak hanya perusahaan saja yang harus di pikirkan masa depannya, kamu sebagai orang yang memiliki andil dan peran cukup penting nanti tentunya berhak untuk mendapat jaminan kehidupan yang layak.

Sikap menarik ulur ini cukup sering dilakukan oleh banyak karyawan ketika membicarakan negosiasi gaji untuk yang sudah memiliki pengalaman kerja.

 

Authored by Agnes Hutagalung

 



© Copyright 2017 Rajajobs - All rights reserved. Terms and Conditions
For Optimal view, use IE 8.0 or Mozilla Firefox 3.6