Employers: Sign In | Sign Up      
   

RajaJobs Update

News

Career Advices

Salary Reviews

Company Reviews

Activities



Tiga Aspek Gagalnya Startup

Menggeluti dunia startup bukanlah hal yang mudah dan ada 3 aspek utama yang selalu menjadi faktor kegagalan suatu perushaan startup. Kegagalan sebuah startup tidak selalu karena soal modal atau tidak memiliki bakat menjadi seorang pebisnis.

Di bawah ini merupakan tiga aspek utama kegagalan dalam startup yang harus kamu ketahui.

 

1. Konfrontasi internal

Konfrontasi atau konflik kecil pastinya bisa memicu semangat untuk melakukan perbaikan dan pengembangan produk yang lebih baik lagi. Namun sebaliknya jika konflik semakin membesar dan tidak bisa diselesaikan maka akan berdampak buruk bagi perusahaan yaitu kerja sama tim yang tidak baik. Seperti tidak adanya komunikasi dan saling percaya antar karyawan. Biasanya konflik komunikasi terjadi baik antar sesama karyawan, eksekutif dan karyawan hingga eksekutif dan investor. Maka dari itu tetaplah untuk menjalin komunikasi untuk menghindari kesalah pahaman.

 

 

2. Totalitas kerja tidak maksimal

Beberapa startup yang gulung tikar merupakan faktor para founder dan pengelolanya tidak bekerja dengan totalitas. Karena mereka hanya menganggap ketika membangun perusahaan starup hanyalah pekerjaan sampingan, di luar pekerjaan tetapnya sebagai karyawan. Nah, kalau startup hanya digunakan sebagai pekerjaan sampingan tidak heran jika proyek startupnya disebut sebagai 'nothing to lose'. Dan membuat kualitas produk atau jasa menjadi kurang maksimal dan tidak berkembang. Nilai investasi maupun pertumbuhan pengguna startup juga ikut menurun.

 

 

3. Produk kalah saing

Untuk produk juga menjadi faktor utama kegagalan terbesar sebuah startup yang gagal menarik para konsumen. Misalnya pendistribusian yang lemah, distribusi merupakan salah satu kunci startup untuk bisa bertahan. Namun banyak tim yang hanya berfokus pada produk besar yang mengkonversi lebih banyak daripada produk medioker dimana mereka sudah kehilangan kesempatan emas untuk mendapatkan distribusi yang proposional.

 

Authored by Agnes Hutagalung



© Copyright 2017 Rajajobs - All rights reserved. Terms and Conditions
For Optimal view, use IE 8.0 or Mozilla Firefox 3.6